«

»

Feb 04

Safety Riding

safety riding

Safety Riding adalah sebuah bentuk pola perilaku untuk berkendara yang nyaman dan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain (pengendara maupun pejalan kaki). Artinya adalah suatu sikap agar kita mengkondisikan diri agar bagaimana mengendari sepeda motor yang aman dan nyaman, baik untuk diri kita maupun orang lain. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya dan juga orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan.

  Sebelum melakukan perjalanan jauh, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan anda pakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu,baterai / aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

Kelengkapan untuk Safety Riding, diantaranya yaitu:

  1.  Helm: Helm digunakan untuk melindungi kepala anda yang merupakan bagian tubuh kita yang paling vital jadi gunakanhelm standar SNI, kaca helm harus bersih.
  2. Jaket: Jaket digunakan untuk melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan baik kecil maupun besar.
  3. Sepatu: Gunakan sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan membiasakan menggunakan sendal, apalagi sendal jepit.
  4. SIM/STNK: Sobat harus selalu memastikan untuk membawa 2 perihal ini sebagai bukti bahwa sobat sudah mendapatkan ijin mengemudi dengan memiliki SIM dan juga bukti bahwa kendaraan sobat itu legal dengan menunjukkan STNK.
  5. Sarung Tangan: Sarung tangan ini digunakan untuk menyerap keringat agar tidak licin ketika memegang setir sepeda motor.

Sering kali orang menggunakan helm hanya untuk sarat saja supaya tidak ditilang sama bapak polisi, sehingga menggunakan helm ya sekenanya saja. Sebaiknya anda menggunakan helm yang ada penguncinya. Pasangkan pengait helm itu sampai berbunyiklik.

Sudahkah anda termasuk pengendara yang Safety Riding? bila belum, sudah saatnya untuk melakukan Safety Riding.

(Sumber http://strezcommunitycenter.blogspot.com/2011/06/pengertian-safety-riding.html)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>